Review: Xiaomi Redmi 2 Prime

Halo sobat, ketemu lagi dengan tulisan artikel di kategori teknologi. Kali ini ane mau bahas sekaligus curhat (apaan sih curhat org review, cma barang yang di review sudah tidak ada, kadang memberi kenangan.....wwkwk) tentang Hanphone/HH/Cell phone/...sama aja sih wwkwwk, Tentang Xiaomi Redmi 2 Prime!

HP ini masih dicari oleh beberapa orang, waktu ane ngelapak saja dalam sehari sudah ada sekitar 5-7 penawar. Padahal gak mau jual ane ga rela cuma ya karena kebutuhan aja. Apa aja kebutuhannya kenapa ane jual? nanti aja ya biar penasaran hehehe. 

Oke pertama kali ane beli ini karena hp ane sebelumnya rusak. HP lama cukup lama juga nemenin ane selama 2.5 tahun, dan akhirnya wafat juga. Oke sebelum ane UN, ngadepin ujian banyak dulu, wah selama 3-4 bulan ane ga pake hp. Sebenernya gak masalah, belajar bisa konsentrasi kwwkwk. Tapi yang jadi masalah, rasanya jadi buta, gak tau info apa-apa kedepannya. Apalagi sekarang jarkom (Jaringan komunikasi) dulu di sekolah dah pake hp semua gaada lagi yang pakai SMS. Wah pusing dah. Cuma Puji Tuhan ane bisa lewatin masa-masa itu. Pas sehari setelah selesai UN, ane mesen Xiaomi Redmi 2 Prime. Kebetulan ane suka pake Xiaomi karena HP bokap ane Xiaomi dan pake MIUI itu enak. Gak usah pakai App Drawer, UI nya gampang. Mungkin orang yang gak biasa pake MIUI bilang miui jelek, gak ada app drawer, kaku. Itu Style iOS. Kalo di ane malah justru mudahin ya karena itu dari pada mencet2 lagi kek kurang kerjaan kwkwwk. HP ane sebelumnya pake custom ROM miui V6, tapi berat banget gila, lag. Tapi pas free ramnya bagus, ya mulus enak gtu. MIUI terkenal boros ram. Tapi tidak kalo di devicenya sendiri.

Bokap ane pake Xiaomi Redmi Note 1 bukan 3G. Waktu belom pertama kali dijual di Indonesia, bokap ane dah beli di Singapore import. Specnya Octa Core, RAM 2 GB. Itu HP dah kebanting berkali2 tapi masih gila jos aja. Bandel, sensitivitas screennya gila masih kek baru. Dewa abis.....
buset kok jadi review xiaomi redmi note 1 yaaa...pdhl reviewnya redmi 2 wkwkwk....ya itu sih latar belakang sedikit kenapa ane memilih Xiaomi redmi 2 Prime sih....

HP Bokap Ane- Xiaomi Redmi Note 3G
Oke langsung aja ke reviewnya. Xiaomi yang ane pake adalah Xiaomi Redmi 2 Prime warna hitam. Varian jarang biasanya warna hitam hehehe. Bedanya Xiaomi Redmi 2 biasa dengan Xiaomi Redmi 2 Prime adalah spesifikasi hardware, dimana Xiaomi Redmi 2 Prime menggunakan RAM 2 GB, memori internal 16 GB, sedangkan Xiaomi Redmi 2 biasa separuhnya. 

Dari segi penampilan fisik, sama persis, tidak ada yang beda. Langsung to the point aja:
-Layar 4,7 inci
Xiaomi Redmi 2 series (Prime sama aja dari penampilan)
-Prosesor Quallcomm Snapdragon 410 MSM8906 1.2 GHz arsitekturnya 64 bit (Cortex A53)
-VGA/GPU Adreno 306
-RAM 2GB LPDDR3, Memori internal 16 GB
-Sinyal 4G/3G
-Proteksi Dragon Trail
-Kerapatan Pixel layar: 310 PPi resolusinya 720p
-Kamera belakang 8mp, kamera depan 2mp
-Batre 2200 MAh li-poly
-Aslinya MIUI 6 4.4 Kitkat bisa di upgrade ke miui 8 Lolipop tapi masih 32 bit

Lengkapnya silahkan cari di internet sendiri kalau ke teknisnya ya.


Segi layar
Layar 4,7 inci, menurut ane sudah sangat pas banget, masuk kantong gampang, kecil gak, gede gak, jadi suiteable banget. Buat baca masih enak, game enak.Sayangnya kalau buat kerja ketik-ketik masih kurang oke lah. Kalau lebih oke pake layar 5.5 inci keatas. Layar resolusi 720p namun cukup tajam berekrapatan 310 ppi. Ukuran ini cukup pas lah dan cocok menggunakan resolusi 720p serta menyesuaikan hardware yang ada.

Hardware dan Performa 
Hardware yang didukung prosesor Cortex A53, dengan SOC Quallcomm Snapdragon 410, ram 2 GB, itu emang bener stabil, oke buat multitasking. Notif gak telat masuk asal kita lock aplikasi utama kita di MIUI untuk seri yang prime ya. Katanya kalo seri yang biasa notif sering telat masuk. OS yang didukung awalnya itu seri Kitkat 4.4. Namun dapat pembaharuan Lolipop MIUI 8 cuma lama banget buat dapetin update nya. Konektivitas 4G Okelah, kita tau 4G cepet, dan tergantung dari wilayah yang tercover. Skor antutu yang terakhir didapat kisaran 26000an di seri Lolipop. Nanti foto Antutu menyusul. Tapi saat maen game yang cukup berat seperti vainglory atau mobile legends atau grafik yang detail-detail, hp ini kurang kuat dan mumpuni menurut ane. Masalah panasnya, masih dalam taraf wajar, tunggu setengah jam full maen ane baru ngerasain anget. Dan ketika buat bener-bener multitasking kerjaan di HP seperti presentasi, pake powerpoint mobile, hp ini agak mengalami kendala. Kurang paham apa karena prosesornya atau GPU nya. Namundengan didukung android lolipop bisa punya banyak akun serta second space yang didukung MIUI.


Baterai
Segi Batre ini ane sukanya dari MIUI dan Xiaomi. Ini batre cuma 2200 MAh tapi tergolong irit. Ini ane bisa pake seharian. Pagi 100 persen, malam mau tidur abis. Gak pernah sehari cas 2x dibanding hp sebeblumnya yang kapasitas 1800 MAh. Memang MIUI terkenal dengan manajemen daya yang baik. Ane juga ngerasain lebih lama nyalanya waktu hp lama ane pake rom MIUI.

oke dari ulasan diatas bila kita ringkas lagi maka point Plus minusnya adalah:

+Harga terjangkau, baraunya cuma 1.8 jutaan
+Main game secara umum lancar
+Performa setara Samsung Galaxy J5
+Multitasking lancar, media sosial lancar
+layar pas tidak besar tidak kecil
+Daya tahan batre yang lama 
+Resolusi HD dengan kerapatan yang cukup tinggi yaitu 310ppi

-Kurang buat main game berat atau setingan grafik dinaikan agak kewalahan
-Kalau nyari buat benr-benar bisa multitasking kerja, hp ini kurang recommended karena belum support android Nougat yang bisa multiwindow serta beberapa menjalankan software produktif seperti powerpoint mobile kurang lancar
-MIUI nya masih android L, 32 bit pula
-Update Xiaomi lama 


Ulasan dan kesimpulan:
Kalau yang mau beli HP ini, cocok bagi orang yang mau tau gimana sih Xiaomi itu, atau mau eksplor MIUI itu kek gimana dan HP ini cocok bagi orang-orang yang hobi oprak oprek Android. Ane gak perlu root aja dah ubah boot animation, font pula. HP ini gak recommended bagi yang emang bener-bener suka game. Ubah bootloader gampang serta rootnya bnyk tutorial.

Kesimpulannya beli lah hp ini kalau kalian mau performa stabil, baterai handal, serta sesuatu yang beda (MIUI OSnya kan beda dibanding HP lain) serta harga yang terjangkau

Sekian review hp dari ane selama pemakaian 1 tahun ini. 


foto-foto nanti menyusul yaa




0 komentar :