Pengalaman Bersama dengan Honda Supra X-125R

Halo sobat, kembali lagi setelah beberapa bulan gak nulis blog karena kesibukan kegiatan (hehehe sebenernya sih sibuk cuma gak terlalu tapi masih tergolong sibuk.....lah???jadinya apa dong wkwkkwkwk...ya sibuknya itu diantara sibuk ga sibuk, jadi ditengah2) ah lupakan aja intinya sibuk tapi ditengah2 :D.

Kali ini gw mo berbagi aja pengalaman ane tentang motor sebenarnya yang membawa gw ke dunia motor bahkan otomotif termasuk mobil (bingung juga kan kenapa motor bisa bawa gw suka mobil wkwkwk). Motor dari dulu terutama zaman sekarang merupakan sebuah kebutuhan wajib lagi bagi yang ingin praktis kemana-mana tanpa ada halangan kemacetan lalulintas di Indonesia ini.

Motor yang setia menemani dalam sehari-hari sampai sekarang
Sekarang sampe usia SD pun saja orang tua sudah banyak yang ngajarin motor. Jujur sih gw belom pernah diajarin naek motor sejak sd. Zaman SD gw masih maen sepedaan. Pertama kali nyoba motor itu kelas 7 atau kelas 1 SMP, tapi nyobain motornya cuma maen-maen aja seperti asal jalan, motor pertama waktu kelas 7 honda CT70/Trail 70 atau yang demen motor-motor kecil pasti tau ama yang namanya Honda Monkey, temennya honda Gorilla. Kapan-kapan kalau ada waktu nanti gw buatin pengalaman juga beersama Honda Monkey wkwkwk. Namun setahun setelahnya, bokap gw memutuskan buat ngajarin gw motor pada kelas 8 kalau gasalah lagi liburan cuma lupa pas liburnya pas kapan hehehe.

Nah waktu ngajarin gw itu pake motor Supra. Disini gw baru diperkenalkan tentang motor bebek dan bertransmisi :D.....Disinilah gw belajar banyak ama bokap gw. Motor gw pake adalah Supra x 125 2005 pakai velg racing, cuma ganti ban sama ganti spion, dan pake box givi monorack system,  dan ganti spakbor depan tadinya warna merah jadi warna hitam, sisanya standar. Namun baru pertama kali make tahun 2011an wkwkwk

Segi Dimensi Tampilan

Supra X 125-R Biru Putih merah, jarang juga ini!
Dari segi tampilan, ya begitu-begitu saja, namanya motor bebek gaada tangkinya, ramping tapi untuk supra x menurut gw lebih panjang dari motor bebek biasanya seperti revo, vega, dan sekelasnya. Joknya untuk penumpang cukup lebar. Tapi yang gw paling sama Supra X generasi tahun ini adalah warna strippingnya yang tidak ramai, sporty tapi elegan rapih mengalir. 

Kombinasi warnanya itu bagus banget menurut gw dan jadi punya aura. Padahal motor ini kalau diganti aja jadi warna polos atau kombinasi warnanya gak bagus, jadi gak menarik bener dah menurut gw :(. Bentuknya itu jadi biasa banget. Gw paling seneng ama supra yang warnanya biru putih dan motornya cukup jarang juga dijalanan.

Panel Supra X 125 R 2005 
Untuk panelnya ada indikator gigi, sein,  indikator bensin serta odometer berbentuk digital. Ini dia yang ane paling suka dari supra generasi ini. Supra baru malah gak berbentuk digital odometernya serta indikator bensinnya. Kok malah di downgrade ya Supra X yang baru :(.
Digital yang tidak dipunyai Supra baru sampai sekarang

Performa mesin

Untuk mesin dipersenjatai 124, 8 cc (dibuletin 125 cc), 1 silinder, SOHC 2 klep, masih karburator, transmisi semi otomatis sekuensial rotari 4 percepatan kopling ganda. Tenaga so so lah, tarikan bawah oke hinga menengah ke agak atas. Rasio giginya untuk gigi 1 sampai gigi 2 cukup panjang napasnya. Gigi 1 bisa di geber sampai 40 km/jam, gigi 2 sampai 65 km/jam.

Untuk top speed sudah lama gw nyoba jaman dulu pernah sampai maksimal 120 km/jam,  pakai pertamax. Dulu jamannya premium ada pakai pertamax dan preium untuk top speed tidak jauh bedanya. Pertamax sedikit lebih irit. Kalau menggunakan oktan diatas 92 tenaganya sudah ngempot, tidak sesuai kompresi, dan malah nembak sedikit kadang-kadang, dan berujung ke boros bensin. Dulu ane pernah nyoba pakai Pertamax turbo. Ane coba geber malah ngempos karena tidak sesuai kompresi, dan bensin lebih cepat habis. 

Yah cukup lah buat motor 125 cc bebek juga gaperlu terlalu kenceng sebenarnya, yang penting enak dipakai harian :D dan juga kelemahan Supra x bodynya itu gampang getar semua kalau mesin digeber RPM tinggi sedikit. Kadang malu malah didengerin orang hehehe. Namun sekarang diakalin pakai double tip di dalemnya serta cable tie bagi part-part yang sudah mulai dol. Tapi namanya dulu penasaran ya gimana dan situasi memadai :).  


Handling dan kenyamanan

Pengalaman yang sudah dari dulu sampai sekarang, dan sudah menyoba berbagai macam motor bebek, menurut gw memang seri Supra X lah yang paling enak di kelasnya menurut gw. Ayunan shock yang cukup lembut baik depan mau pun belakang. Shock Supra depan memakai teleskopik  standar sedangkan shock belakang supra showa standar dual shock. Temen sendiri ngakuin kalau dibonceng Supra ane bantingannya empuk. Kemudian dalam pengendalian atau handling, pengalaman sehari mengendarai motor ini lincah sekali.

dari samping kanan
Dari Belakang
Melandas kemacetan walaupun motor bebeknya termasuk yang sedikit panjang, tapi tak pengaruh ketika nyelap-nyelip. Bobotnya yang enteng cuma kisaran 100 kg, geser-geser asal gausah pake tenaga masih bisa. Namun dipakai lebih dari 80 km/jam motor gw dah kurang stabil, apa lagi 100 km/jam, gak enak wkwkwk -_-. Cuma sekarang sudah mendingan walaupun masih gak enak, karena ane ganti ban lebih besar, ban depan pakai FDR Genzi Pro 80/90, ban belakang pakai FDR Sport XR 100/90. Posisi duduk oke, tegak. Tinggi stang di tengah-tengah. Tinggi nda, bawah nda.


Ngomong-ngomong konsumsi bensin, dirata-rata 1 liter bisa 40 kilometer menggunakan pertalite dan pertamax. Ukurannya buat motor lama sih sedang gak irit-irit banget. Karena dibandingin motor injeksi sekarang saja 1 liter bisa sampai 50 kilo lebih! Pada dulu jaman pakai premium jaman SMA SMP gak ngitungin ini.  Cuma belakangan ini ane ngerasa agak lebih boros dari biasanya. Belum setting ulang karbu lagi.

 Tentunya banyak suka dan duka yang banyak di Supra ini. Ada beberapa pengalaman yang gak terlupakan bareng supra di jalan. Kalau ane ceritain di sini nanti bisa panjang bangett wkwkwk. 

Supra terkenal bandel dan gak perlu banyak perawatan asal  kita rajin ganti oli, sesuain campuran udara serta bensin di karubrator, serta make motornya alus. Onderdil yang orisinilnya awet terutama bagian mesin. Mesinnya saja masih alus, tidak ada yang ngelitik. 3-5 hari diam stater 1 kali pencet jerrrrr masih bisa tokcer. Padahal motor karbu :D. 

Ya itu lah pengalaman gw tentang bersama motor Supra X 125-R generasi tahun 2005 ini. Semakin lama bersama, semakin bisa memahami karakter supra x yang berguna untuk mengendalikan sesuai situasi untuk berkendara yang nyaman. Karakter motor perlu kita pahami, karena itu merupakan faktor penting dalam kita menaiki serta mengendarai motor. 

Pesan bokap gw yang tetap nempel serta mengingatkan gw mengendarai motor, mau pakai motor apapun jenisnya yaitu "Orang naik motor mah banyak (asal naik motor) tapi orang yang BISA MENGENDARAI MOTOR gak banyak, semua perlu perhitungan, serta pahamin karakter motor bener bener". 

Sekian curhat + review + cerita campuran ini :D
Me n SupraX






3 komentar :